RADARBANDUNG.ID, SURABAYA- Jaringan Retail KKV berganti nama menjadi Oh!Some di berbagai pusat perbelanjaan Indonesia.

KKV. Foto Kolase Facebook @KKV Indonesia, Tiktok @viktorvh dan disway.id
Jaringan retail KKV dilaporkan telah mengubah namanya menjadi Oh!Some di sejumlah pusat perbelanjaan di Indonesia seperti dikutip dari Helojember.jawapos.com.
Informasi ini telah viral di media sosial, termasuk X dan TikTok, dengan menampilkan foto-foto gerai baru.
Baca Juga : ELECTRIC KARTING RACE 2024,Pj. Gubernur Jabar Bey Machmudin Tegaskan Keamanan Kendaraan Sudah Teruji
Sehingga, seluruh KKV pun berganti nama.
Termasuk KKV Tunjungan Plaza Surabaya.
Salah satu unggahan dari pengguna TikTok, @OWNMedan, menunjukkan bahwa gerai KKV di Centre Point Mall Medan, Sun Plaza Medan, dan Delipark Medan telah berganti nama menjadi Oh!Some.
Tidak hanya itu, akun @SobatSurabaya juga membagikan tampilan gerai KKV di Galaxy Mall Surabaya yang kini telah berubah menjadi Oh!Some.
Dinarasikan bahwa meskipun nama toko berubah, penampilan dan produk di dalam gerai tetap sama.
Menurut hasil pencarian di Google Maps, nama toko di Mall of Indonesia (MOI) telah berubah menjadi Oh! Some, meskipun yang dicari adalah KKV.
Hal serupa juga terjadi di Margo City Mall, Depok, di mana nama KKV tidak lagi tercantum.
Selain itu, di Cibinong City Mall dan Mal Taman Anggrek, nama toko juga telah diganti menjadi Oh! Some.
Namun, belum ada pengumuman resmi mengenai perubahan nama ini di situs web atau media sosial KKV Indonesia.
KKV adalah bagian dari KK Group, sebuah perusahaan asal China yang didirikan oleh Wu Yuening pada tahun 2015. Menurut laporan Bamboo Works, Wu Yuening memulai karirnya di bidang IT sebelum memutuskan untuk membuka gerai pertama KK Group yang disebut KK Guan pada tahun 2015.
Gerai ini sebagian besar menjual barang-barang impor.
Meskipun awalnya tidak begitu dikenal di China, KK Group mulai meraih kemajuan pada tahun 2019 setelah meluncurkan jaringan KKV dan Colorist yang ditargetkan untuk kaum muda.
Pada tahun 2020, mereka memperluas bisnis dengan meluncurkan jaringan gerai X11 yang fokus pada mainan dan fashion.
Dengan bantuan dana dari investor dan pewaralaba, Wu Yuening berhasil memperluas KK Group ke China dan 13 kota di Indonesia. Hingga kini, KK Group memiliki 707 gerai dengan empat merek tersebut.
KKV pertama kali dibuka di Indonesia pada tahun 2020. Menjelang akhir tahun 2023, penjualan dari gerai-gerai KK Group di Indonesia tercatat lebih menguntungkan dibandingkan dengan gerai di China.
Dalam 10 bulan pertama tahun 2023, gerai KKV di Indonesia mencatat pendapatan sebesar 420,1 juta yuan dan laba sebesar 96,9 juta yuan, dengan margin laba kotor sebesar 23,1%.
Toko-toko di Indonesia memiliki volume perdagangan bulanan (GMV) hampir tiga kali lebih tinggi dibandingkan toko-toko KK Group di China, dengan rata-rata 2,5 juta yuan dalam 10 bulan pertama tahun 2023.
Tidak berhenti di situ, pada Januari 2024, KK Group membuka gerai pertamanya di Malaysia, memperluas sayapnya di bidang retail. (**)