RADARBANDUNG.id, CIMAHI – Dalam upaya menjamin peningkatan mutu layanan kesehatan bagi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan melaksanakan kegiatan Supervisi, Buktikan dan Lihat Langsung (SiBLing) ke Rumah Sakit Umum Kasih Bunda, Kota Cimahi pada Rabu (03/01).
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Cecep Heri Suhendar mengatakan bahwa kegiatan SiBLing dilakukan untuk mendapatkan umpan balik langsung dari peserta JKN selaku pihak yang menerima layanan kesehatan di rumah sakit. Nantinya dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi bersama dan dalam merumuskan strategi perbaikan peningkatan mutu layanan bersama antara BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan.
“Kenapa dilaksanakannya SiBLing adalah untuk memastikan peserta JKN mendapatkan pelayanan yang berkualitas. Apalagi hal ini merupakan fokus utama BPJS Kesehatan di tahun 2023 dalam perbaikan mutu layanan peserta JKN di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP),” terang Cecep.
Terdapat 6 Janji Layanan FKRTL yang menjadi salah satu bentuk transformasi mutu layanan yang dihadirkan Program JKN yaitu menerima Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai identitas tunggal peserta yang bisa dimanfaatkan untuk pendaftaran pelayanan, tidak meminta dokumen fotokopi kepada peserta sebagai syarat pendaftaran pelayanan.
Kemudian memberikan pelayanan tanpa biaya tambahan di luar ketentuan, tidak melakukan pembatasan hari rawat pasien (sesuai indikasi medis), memberikan pelayanan obat yang dibutuhkan dan tidak membebankan peserta untuk mencari obat jika terdapat kekosongan obat serta melayani peserta dengan ramah tanpa diskriminasi.
“Selain daripada janji layanan tersebut, BPJS Kesehatan juga sangat mengharapkan adanya inovasi yang dilahirkan oleh Fasilitas kesehatan dalam upaya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada peserta sehingga slogan mudah, cepat, dan setara yang selalu disampaikan tidak hanya menjadi angan-angan belaka,” terang Cecep.
Dalam melakukan kegiatan SiBLing, BPJS Kesehatan menggandeng berbagai pihak, baik itu manajemen rumah sakit maupun para pemangku kepentingan di daerah agar dapat melihat sendiri bagaimana pelayanan yang didapatkan masyarakat, sarana dan prasarana yang tersedia sehingga dapat dicarikan solusi bersama agar pelayanan dapat lebih baik lagi kedepannya. Seluruh fasilitas kesehatan akan secara berkala mendapatkan kunjungan SiBLing dari tim BPJS Kesehatan.
Hasil laporan SiBLing tersebut juga akan kita sampaikan kepada pemangku kepentingan utama di masing-masing kabupaten kota wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, yaitu Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat melalui forum-forum komunikasi yang rutin dilaksanakan setiap semester.
Area yang menjadi pantauan dalam SiBLing dimulai dari area pendaftaran, pelayanan rawat jalan atau poliklinik, pelayanan rawat inap, penunjang medis seperti laboratorium, farmasi. Lalu juga di area pengaduan keluhan dan informasi di rumah sakit. keramahan petugas, kecepatan layanan, kebersihan ruangan dan sejenisnya juga menjadi pantauan.
“Banner maupun poster janji layanan telah ditempatkan di seluruh Fasilitas kesehatan yang bekerjasama, dan BPJS Kesehatan juga menyediakan petugas BPJS SATU! yang siap membantu peserta yang memiliki keluhan layanan maupun sekedar meminta informasi,” tambah Cecep.
Penanggungjawab PIPP RSU Kasih Bunda Kota Cimahi, Ira menyatakan bahwa pihaknya siap mendukung transformasi mutu layanan BPJS Kesehatan dengan melaksanakan 6 Janji Layanan. Namun tidak hanya sebatas itu, RSU Kasih Bunda selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan terus berbenah diri baik dari kualitas SDM maupun kelengkapan sarana dan prasarana.
“Kami siap berbenah dan terus meningkatkan kualitas untuk pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat khususnya yang ada di Kota Cimahi,” tutup Ira. (*)