News

Butuh Informasi Program JKN Tidak Perlu Ragu, di Fasilitas Kesehatan Kini Ada Petugas BPJS SATU

Radar Bandung - 27/09/2024, 08:14 WIB
Ardyan
Ardyan
Tim Redaksi
Butuh Informasi Program JKN Tidak Perlu Ragu, di Fasilitas Kesehatan Kini Ada Petugas BPJS SATU

RADARBANDUNG.id, CIMAHI – Hadirnya petugas BPJS SATU (BPJS Siap Membantu) pada fasilitas kesehatan khususnya di wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat selama ini telah dirasakan manfaatnya oleh peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Hal Ini sesuai dengan tujuan dihadirkannya petugas BPJS SATU yaitu untuk memberikan kemudahan bagi Peserta JKN yang berada di rumah sakit untuk mendapatkan informasi maupun menyampaikan kendala yang dialami secara langsung. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Cecep Heri Suhendar, Kamis (26/09).

Cecep menyampaikan petugas BPJS SATU hadir di rumah sakit untuk membantu setiap kendala Peserta JKN serta memberikan edukasi terkait alur pelayanan dan juga informasi terbaru mengenai Program JKN. Adanya program layanan BPJS SATU ini merupakan sebuah optimalisasi dari peran Petugas Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) di rumah sakit.

“Program BPJS SATU merupakan upaya untuk memberikan informasi serta penanganan pengaduan Peserta JKN di rumah sakit seperti membantu peserta yang datanya tidak sesuai, kartu tidak aktif, serta kendala lainnya terkait prosedur pelayanan di fasilitas kesehatan,” kata Cecep.

Cecep menambahkan untuk memudahkan tugas BPJS SATU dalam membantu peserta, petugas BPJS SATU juga telah berkoordinasi dengan masing-masing penanggungjawab dari setiap rumah sakit untuk memberikan pelayanan yang maksimal dan sesuai ketentuan. Dalam tugasnya, petugas BPJS SATU yang didampingi oleh petugas penanggungjawab rumah sakit juga melakukan customer visit kepada pasien rawat jalan maupun rawat inap untuk meminta feedback survey kepuasan dari Peserta JKN selama mendapatkan pelayanan dari fasilitas kesehatan.

“Bagi Peserta JKN di wilayah Cimahi dan Bandung Barat, yang mengalami kendala di rumah sakit dapat menghubungi petugas BPJS SATU melalui nomor yang telah ditempelkan melalui beberapa poster di rumah sakit mengenai petugas BPJS SATU dan penanggungjawab di setiap rumah sakit agar memudahkan peserta untuk mengenali petugas,” tambah Cecep .

Sebagai tambahan informasi, BPJS Kesehatan Cabang Cimahi telah memasang poster yang berisi foto dan nomor handphone petugas BPJS SATU di beberapa titik lokasi di rumah sakit untuk memudahkan peserta melihat posternya sehiingga ketika peserta ada keluhan dapat dengan mudah menguhubungi petugas BPJS SATU.

Lebih lanjut Cecep mengingatkan kepada peserta JKN untuk terus memanfaatkan layanan kesehatan yang telah disediakan oleh BPJS Kesehatan, salah SATUnya yaitu layanan online seperti Aplikasi Mobile JKN, Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (Pandawa) 08118165165 serta BPJS Kesehatan Care Center 165.

“Kami terus menghimbau seluruh peserta JKN untuk lebih aktif memanfaatkan layanan yang telah disediakan untuk mengakses informasi maupun menyampaikan keluhan. Dengan adanya inovasi ini diharapkan proses pelayanan kesehatan menjadi lebih efisien dan peserta merasa lebih nyaman dan terlayani dengan baik,” ingat Cecep.

Pada kesempatan yang terpisah, Asmuin (57) yang sedang berobat jalan di salah satu rumah sakit di Kota Cimahi mengungkapkan pengalaman positifnya setelah menerima kunjungan dan bantuan informasi langsung dari petugas BPJS SATU untuk memastikan kualitas pelayanan yang diterimanya.

“Saya sangat terbantu dengan petugas BPJS SATU yang datang mendatangi saya. Mereka bertanya mengenai proses pelayanan disini dan memastikan saya mendapatkan informasi yang saya butuh dengan cepat dan mudah,” ujar Asmuin dengan senyum.

Sebagai peserta JKN yang puas dengan layanan yang diterimanya, Asmuin mengajak masyarakat lain untuk memanfaatkan fasilitas kesehatan sebagai peserta JKN dengan percaya diri.

“Saya mengajak semua orang untuk tidak ragu memanfaatkan layanan di fasilitas kesehatan sebagai Peserta JKN Ketika sakit. Dengan dukungan dari BPJS Kesehatan, kita bisa yakin bahwa hak-hak kesehatan kita akan dilindungi dan diprioritaskan,” imbau Asmuin. (*)


Terkait Cimahi
Pemkot Cimahi Tingkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan
Cimahi
Pemkot Cimahi Tingkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan

RADARBANDUNG.id- Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi resmi meluncurkan maskot baru bernama Si PenCil (Siap Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil). Kegiatan tersebut dilakukan dalam acara Sosialisasi Peningkatan Pelayanan Pendaftaran Penduduk bertempat di Gedung Cimahi Techno Park, Senin (26/5/2025). Wali Kota Cimahi, Ngatiyana mengatakan, bahwa kehadiran maskot Si PenCil […]

Pembinaan Catin Langkah Nyata Pemkot Cimahi Tuntaskan Stunting
Cimahi
Pembinaan Catin Langkah Nyata Pemkot Cimahi Tuntaskan Stunting

RADARBANDUNG.id- Pemkot Cimahi berupaya maksimal melakukan penanganan terhadap kasus stunting di wilayahnya. Salah satunya dengan melaksanakan pembinaan kepada calon pengantin (Catin). Wali Kota Cimahi, Ngatiyana mengatakan, Pemkot Cimahi melakukan langkah strategis dalam mengatasi stunting dengan memberikan pembinaan sejak dini pada pasangan calon pengantin. “Pengawasanya secara menyeluruh, pengawasan dimulai sejak kehamilan, jadi jangan sampai saat lahir […]

MyRepublic Indonesia Gandeng FiberHome, Hadirkan Internet Berkualitas untuk SMA Taruna Nusantara Kampus Cimahi
Cimahi
MyRepublic Indonesia Gandeng FiberHome, Hadirkan Internet Berkualitas untuk SMA Taruna Nusantara Kampus Cimahi

RADARBANDUNG.ID, KOTA CIMAHI – Sebagai bagian dari komitmennya terhadap dunia pendidikan dan pembangunan berkelanjutan, MyRepublic Indonesia kembali menjalin kerja sama strategis dengan SMA Taruna Nusantara khususnya Kampus Cimahi. Dalam inisiatif ini, MyRepublic Indonesia memberikan dukungan internet berkecepatan tinggi sebesar 1 Gbps serta solusi infrastruktur untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar berbasis digital. MyRepublic Indonesia juga bekerja sama […]

Dongkrak PAD, Pemkot Cimahi Bakal Ubah Perda Soal Pajak dan Retribusi
Cimahi
Dongkrak PAD, Pemkot Cimahi Bakal Ubah Perda Soal Pajak dan Retribusi

RADARBANDUNG.id- Pemerintah Kota Cimahi menginisiasi perubahan Peraturan Daerah Nomor 8 tahun 2023 tentang Pajak dan Retribusi Daerah. Hal itu dilakukan sebagai upaya meningkatkan potensi pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak dan retribusi. Wali Kota Cimahi, Ngatiyana mengatakan, rancangan perda perubahan Perda Pajak dan Retribusi Daerah merupakan tindak lanjut atas amanat Pasal 99 dan 100 […]

location_on Mendapatkan lokasi...
RadarBandung AI Radar Bandung Jelajahi fitur berita terbaru dengan AI
👋 Cobalah demo eksperimental yang menampilkan fitur AI terkini dari Radar Bandung.