News

48 FKRTL di Kota Bandung Berkomitmen Memberikan Pelayanan Terbaik kepada Peserta JKN

Radar Bandung - 26/03/2025, 09:34 WIB
AR Hidayat
AR Hidayat
Tim Redaksi
48 FKRTL di Kota Bandung Berkomitmen Memberikan Pelayanan Terbaik kepada Peserta JKN
48 FKRTL di Kota Bandung Berkomitmen Memberikan Pelayanan Terbaik kepada Peserta JKN.

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Sepuluh tahun sudah Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) memberikan perlindungan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

Upaya peningkatkan mutu layanan peserta kerap digaungkan, salah satunya melalui Janji Layanan JKN yang terpampang di setiap fasilitas kesehatan (faskes) yang bermitra dengan BPJS Kesehatan.

Janji layanan ini berisi poin-poin fokus pelayanan yang tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara BPJS Kesehatan dan faskes, sebagai bentuk komitmen untuk memberikan layanan sesuai kewajiban yang disepakati.

Sebagai wujud nyata untuk memegang erat komitmen tersebut, pada tahun 2025 sebanyak 48 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), terdiri dari 32 rumah sakit dan 16 klinik utama di Kota Bandung, kembali memperbaharui kerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Pertemuan antara BPJS Kesehatan dengan masing-masing FKRTL dilaksanakan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Bandung.

Pertemuan diawali dengan evaluasi kinerja selama tahun 2024 pada setiap FKRTL, mencangkup klaim penjaminan manfaat kesehatan, tren kunjungan peserta JKN, implementasi otomasi teknologi seperti pemanfaatan Antrean Online Mobile JKN dan Validasi Biometrik hingga hasil kepuasan peserta atas layanan dan penanganan keluhan di FKRTL.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandung, Greisthy E.L. Borotoding, menegaskan bahwa pemaparan evaluasi layanan ini diperlukan seiring momentum disepakatinya kembali PKS.

Langkah tersebut dilakukan untuk memastikan faskes lebih siap memberikan pelayanan yang mengutamakan dua konsep besar, yaitu efektivitas dan mutu layanan, semata-mata untuk peningkatan kepuasan peserta pada tahun 2025.

“Faskes harus memastikan bahwa customer journey atau perjalanan pasien, dari kedatangan hingga selesai menerima pelayanan kesehatan, baik rawat jalan maupun rawat inap, dilakukan sesuai standar yang konsisten dengan tetap mengedepankan mutu layanan. Selain itu, dalam prosesnya juga harus bebas dari potensi kecurangan demi menjaga kredibilitas dan keberlanjutan Program JKN,” jelas Greisthy.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Direktur RSUD Bandung Kiwari, Yorisa Sativa menyampaikan pandangan serupa bahwa perpanjangan kerja sama ini dapat memperkuat sinergi dalam ekosistem JKN, dengan fokus utama kesehatan seluruh warga Bandung dan sekitarnya tanpa adanya perbedaan layanan kepada peserta JKN.

“Hasil evaluasi yang rutin kami lakukan dengan BPJS Kesehatan ini akan kami tindak lanjuti, baik secara internal, eksternal, maupun vertikal dengan Dinas Kesehatan dan faskes lainnya. Upaya ini semata-mata untuk memastikan mutu layanan tetap terjaga sehingga masyarakat merasa senang, nyaman, dan puas atas pelayanan RSUD Bandung Kiwari,” ungkap Yorisa saat ditanya mengenai kesan dari kegiatan pembahasan overview layanan tahun 2024.

Live Update


Terkait Advertorial
Berbagi Takjil, Kader JKN Sosialisasikan Program JKN di Bulan Ramadan
Advertorial
Berbagi Takjil, Kader JKN Sosialisasikan Program JKN di Bulan Ramadan

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1446 H, BPJS Kesehatan Cabang Bandung bersama 57 orang Kader JKN Kota Bandung menggelar aksi sosial dengan membagikan 250 porsi takjil kepada masyarakat. Kegiatan ini diselenggarakan di 2 titik keramaian Kota Bandung yaitu persimpangan jalan PH. H Mustofa dan Jalan Braga. Selain membagikan takjil, kegiatan ini […]

Trimo, Kader JKN yang Membantu Masyarakat Melawan Stigma Diskriminasi
Advertorial
Trimo, Kader JKN yang Membantu Masyarakat Melawan Stigma Diskriminasi

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan bertujuan untuk memberikan perlindungan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas bagi seluruh masyarakat Indonesia. Untuk mendukung implementasi dan kesinambungan program ini, BPJS Kesehatan melibatkan Kader JKN yang berperan mengedukasi manfaat JKN dari lingkup yang terdekat dengan masyarakat. Kader JKN bertugas membantu peserta mengetahui […]

Terdaftar JKN, Rachel Dapatkan Layanan Kesehatan Optimal Hingga Sembuh Total
Advertorial
Terdaftar JKN, Rachel Dapatkan Layanan Kesehatan Optimal Hingga Sembuh Total

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Hadirnya Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) memberikan rasa aman bagi masyarakat karena menjamin peserta mendapatkan perawatan yang layak tanpa harus khawatir akan beban biaya terutama saat menghadapi kondisi medis yang tidak terduga. Kian hari, BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara program ini, menawarkan berbagai kemudahan yang selaras dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan teknologi dengan […]

Kader JKN jadi Ujung Tombak Meningkatkan Kesadaran Peserta untuk Membayar Iuran
Advertorial
Kader JKN jadi Ujung Tombak Meningkatkan Kesadaran Peserta untuk Membayar Iuran

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) hadir demi memastikan akses layanan kesehatan yang berkualitas bagi seluruh masyarakat Indonesia. Untuk menjaga keberlanjutan program ini, partisipasi aktif peserta dalam membayar iuran menjadi salah satu faktor utama. Namun, masih banyak peserta JKN terutama di segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri yang mengalami kendala […]

location_on Mendapatkan lokasi...
RadarBandung AI Radar Bandung Jelajahi fitur berita terbaru dengan AI
👋 Cobalah demo eksperimental yang menampilkan fitur AI terkini dari Radar Bandung.