News

48 FKRTL di Kota Bandung Berkomitmen Memberikan Pelayanan Terbaik kepada Peserta JKN

Radar Bandung - 26/03/2025, 09:34 WIB
AR Hidayat
AR Hidayat
Tim Redaksi
48 FKRTL di Kota Bandung Berkomitmen Memberikan Pelayanan Terbaik kepada Peserta JKN
48 FKRTL di Kota Bandung Berkomitmen Memberikan Pelayanan Terbaik kepada Peserta JKN.

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Sepuluh tahun sudah Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) memberikan perlindungan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

Upaya peningkatkan mutu layanan peserta kerap digaungkan, salah satunya melalui Janji Layanan JKN yang terpampang di setiap fasilitas kesehatan (faskes) yang bermitra dengan BPJS Kesehatan.

Janji layanan ini berisi poin-poin fokus pelayanan yang tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara BPJS Kesehatan dan faskes, sebagai bentuk komitmen untuk memberikan layanan sesuai kewajiban yang disepakati.

Sebagai wujud nyata untuk memegang erat komitmen tersebut, pada tahun 2025 sebanyak 48 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), terdiri dari 32 rumah sakit dan 16 klinik utama di Kota Bandung, kembali memperbaharui kerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Pertemuan antara BPJS Kesehatan dengan masing-masing FKRTL dilaksanakan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Bandung.

Pertemuan diawali dengan evaluasi kinerja selama tahun 2024 pada setiap FKRTL, mencangkup klaim penjaminan manfaat kesehatan, tren kunjungan peserta JKN, implementasi otomasi teknologi seperti pemanfaatan Antrean Online Mobile JKN dan Validasi Biometrik hingga hasil kepuasan peserta atas layanan dan penanganan keluhan di FKRTL.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandung, Greisthy E.L. Borotoding, menegaskan bahwa pemaparan evaluasi layanan ini diperlukan seiring momentum disepakatinya kembali PKS.

Langkah tersebut dilakukan untuk memastikan faskes lebih siap memberikan pelayanan yang mengutamakan dua konsep besar, yaitu efektivitas dan mutu layanan, semata-mata untuk peningkatan kepuasan peserta pada tahun 2025.

“Faskes harus memastikan bahwa customer journey atau perjalanan pasien, dari kedatangan hingga selesai menerima pelayanan kesehatan, baik rawat jalan maupun rawat inap, dilakukan sesuai standar yang konsisten dengan tetap mengedepankan mutu layanan. Selain itu, dalam prosesnya juga harus bebas dari potensi kecurangan demi menjaga kredibilitas dan keberlanjutan Program JKN,” jelas Greisthy.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Direktur RSUD Bandung Kiwari, Yorisa Sativa menyampaikan pandangan serupa bahwa perpanjangan kerja sama ini dapat memperkuat sinergi dalam ekosistem JKN, dengan fokus utama kesehatan seluruh warga Bandung dan sekitarnya tanpa adanya perbedaan layanan kepada peserta JKN.

“Hasil evaluasi yang rutin kami lakukan dengan BPJS Kesehatan ini akan kami tindak lanjuti, baik secara internal, eksternal, maupun vertikal dengan Dinas Kesehatan dan faskes lainnya. Upaya ini semata-mata untuk memastikan mutu layanan tetap terjaga sehingga masyarakat merasa senang, nyaman, dan puas atas pelayanan RSUD Bandung Kiwari,” ungkap Yorisa saat ditanya mengenai kesan dari kegiatan pembahasan overview layanan tahun 2024.

Live Update


Terkait Advertorial
Divonis Kanker Serviks, Afri Andalkan Program JKN Untuk Jalani Pengobatan
Advertorial
Divonis Kanker Serviks, Afri Andalkan Program JKN Untuk Jalani Pengobatan

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah hadir lebih dari satu dekade untuk membantu masyarakat Indonesia dalam mendapatkan layanan kesehatan yang berkualitas. Sudah banyak masyarakat di Indonesia yang merasakan manfaat dari kehadiran Program JKN ini, Afri (31) seorang wanita berasal dari Kota Tasikmalaya menceritakan pengalamannya yang sudah merasakan manfaat […]

Bukti Nyata Manfaat Program JKN Dalam Membantu Pengobatan Buah Hati Deden
Advertorial
Bukti Nyata Manfaat Program JKN Dalam Membantu Pengobatan Buah Hati Deden

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Telah hadir selama satu dekade, BPJS Kesehatan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan Program Jaminan Kesehatan Nasional melalui berbagai kebijakan dan inovasi guna memastikan seluruh lapisan masyarakat memiliki jaminan kesehatan dan bisa merasakan manfaatnya. Salah satu perserta yang merasakan langsung manfaat dari Program JKN adalah Deden Taufiq. Ketika diwawancarai secara langsung, Deden […]

Pulih dari Autisme, Krisna Buktikan Peran JKN dalam Pengobatan Anaknya
Advertorial
Pulih dari Autisme, Krisna Buktikan Peran JKN dalam Pengobatan Anaknya

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Indonesia menempati peringkat kelima di ASEAN untuk tingkat kelahiran tertinggi. Data yang dihimpun oleh Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa angka kelahiran total (Total Fertility Rate) Indonesia pada 2020 mencapai angka 2,18 yang berarti setiap Perempuan di Indonesia melahirkan sekitar 2 anak selama masa reproduktifnya. Namun, masih banyak orang tua di Indonesia […]

Kiprah Tangguh Srikandi PLN UPT Bandung, Ambil Peran Jaga Keandalan Pasokan Listrik
Advertorial
Kiprah Tangguh Srikandi PLN UPT Bandung, Ambil Peran Jaga Keandalan Pasokan Listrik

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Semangat Hari Kartini tidak lagi sekedar memaknai apa arti dari “Habis Gelap, terbitlah Terang”, tapi sudah bisa dibuktikan dengan kehadiran sosok-sosok perempuan tangguh di bidang yang dahulu diungguli oleh kaum pria. Hal ini terlihat dari sosok seorang Srikandi PLN UPT Bandung yang berani ikut mengambil peran penting pada pekerjaan yang didominasi oleh […]

location_on Mendapatkan lokasi...
RadarBandung AI Radar Bandung Jelajahi fitur berita terbaru dengan AI
👋 Cobalah demo eksperimental yang menampilkan fitur AI terkini dari Radar Bandung.