RADARBANDUNG.id, BANDUNG – BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah hadir lebih dari satu dekade untuk membantu masyarakat Indonesia dalam mendapatkan layanan kesehatan yang berkualitas.
Sudah banyak masyarakat di Indonesia yang merasakan manfaat dari kehadiran Program JKN ini, Afri (31) seorang wanita berasal dari Kota Tasikmalaya menceritakan pengalamannya yang sudah merasakan manfaat dari penyelenggaraan ProgramJKN untuk proses pengobatannya dalam melawan penyakit kanker serviks.
Afri yang sudah menjadi peserta JKN sejak tahun 2018 membagikan pengalamannya merasakan manfaat dan bantuan kemudahan dari pelayanan kesehatan menggunakan BPJS Kesehatan ketika dirinya harus divonis mengalami kanker serviks.
“Saat awal divonis terkena kanker serviks saya terkejut dan merasa takut, apalagi membayangkan bagaimana proses pengobatannya akan berlangsung pasti akan lama dan memakan biaya yang besar,” ungkap Afri (14/04).
Afri menuturkan bahwa dirinya harus tetap tegar dan dapat melawan penyakit yang kini dia alami, tapi dengan kehadiran Program JKN sangat membantu Afri dalam menjalani pengobatannya, menurutnya penyakit ini betul-betul perlu penanganan serius.
“Dari awal saya sakit, alhamdulillah sangat terbantu sekali dengan adanya Program JKN melalui BPJS Kesehatan ini, prosedurnya mudah, pelayanan maupun penangannya cepat serta tidak banyak hal yang menyulitkan. Cukup dengan menunjukan Kartu Tanda Penduduk (KTP) bisa langsung dilayani,” ujar Afri.
Ia juga menambahkan bahwa semua proses pengobatan penyakit kanker yang dideritanya, semuanya telah ditanggung oleh BPJS Kesehatan.
“Sejauh ini saya sudah empat kali dirawat di rumah sakit, selama itu saya selalu menggunakan BPJS Kesehatan untuk proses pengobatan saya. Alhamdulillah, saya sangat bersyukur sekali karena selama ini benar-benar terbantu dengan adanya Program JKN,” katanya.
Lebih lanjut, Afri menyampaikan bahwa selama menjalani pengobatan penyakit kanker serviksnya yang kini sudah ke empat kali, sama sekali tidak pernah ada iur biaya. Dengan menjadi bagian dari Program JKN tidak perlu khawatir lagi untuk masalah biaya, karena semua proses pengobatan akan dijamin oleh BPJS Kesehatan sesuai dengan indikasi medis dari penyakit yang diderita.
“Selain merasakan kemudahan dalam masalah pembiayaan, saya juga merasakan betul bagaimana saya dilayani dengan sangat baik oleh para petugas medis. Tidak ada sama sekali diskriminasi yang saya alami selama menjalani pengobatan, justru saya mendapatkan pelayanan prioritas karena saya merupakan peserta dari Program JKN BPJS Kesehatan. Mulai dari petugas medis, sampai petugas rumah sakit semuanya ramah dan baik, tidak ada perbedaan pelayanan antara pasien BPJS Kesehatan maupun dengan pasien umum, semuanya dilayani dengan setara,” ucap Afri.
Afri sangat bersyukur dan merasa puas dengan pelayanan pengobatan kanker serviksnya dengan menggunakan Program JKN karena sudah banyak memberikan manfaat dan membantu dirinya dalam menjalani pengobatan.
“Program ini betul-betul membantu sekali dan bermanfaat bagi masyarakat, karena mengakses layanan jadi jauh lebih mudah, cepat dan tidak perlu khawatir memikirkan biaya pengobatan. Karena sudah dipastikan akan dijamin oleh BPJS Kesehatan,” kata Afri
Diakhir, Afri menyampaikan harapannya untuk kesembuhan penyakit yang ia alami saat ini agar dapat menjalani aktivitas seperti sedia kala dan menyampaikan harapan ke depan bagi BPJS Kesehatan semoga dapat terus dapat memberikan manfaat dan dapat membantu masyarakat Indonesia dalam mengakses layanan kesehatan yang mudah, cepat dan setara setara tanpa iur biaya.
Afri juga berpesan kepada masyarakat yang masih belum terdaftar sebagai peserta JKN untuk segera menjadi bagian Program JKN, jangan sampai menunggu sakit tiba. (MI/rd/arh)
Live Update
- BPJS Kesehatan Pastikan Akses Layanan JKN Tetap Terbuka Selama Libur Lebaran 2025 1 bulan yang lalu
- Direktur Teknologi Informasi BPJS Kesehatan Berikan Penghargaan Transformasi Digital kepada RS Cahya Kawaluyan 4 bulan yang lalu
- Pastikan Implementasi Transformasi Digital, Direktur Teknologi Informasi BPJS Kesehatan Kunjungi RS Cahya Kawaluyan Bandung Barat 4 bulan yang lalu