Klaster Secapa AD di Bandung, 1.262 Siswa Tertular COVID-19

oleh -
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto

Klaster Secapa AD di Bandung, 1.262 Siswa Tertular COVID-19

RADARBANDUNG.id- Jawa Barat menyumbang kasus baru Covid-19 paling banyak hari ini karena penularan kasus di dalam kluster Sekolah Calon Perwira (Secapa) TNI AD di Hegarmanah, Kota Bandung.

Jawa Barat menambah 962 kasus baru pada Rabu (9/7).

Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan, penambahan cukup banyak untuk Jawa Barat didapatkan dari kluster sekolah Secapa. Sudah selesai dilakukan pemeriksaan epidemiologi sejak 29 Juni terjadi penularan di kluster pusat pendidikan Secapa TNI.

“Positif 1.262 orang tertular. Terdiri dari peserta didik dan beberapa tenaga pelatih di sana,” jelasnya dalam konferensi pers, Kamis (9/7).

Dari jumlah yang diidentifikasi, kata Yuri, ada 17 orang yang dirawat di RS Cimahi. Ribuan siswa dan pengajar lainnya diisolasi di Secapa TNI.

“Sisa lainya 1.245 tanpa keluhan apapun. Saat ini semuanya kita karantina di wilayah pendidikan Secapa di Bandung,” tambahnya.

Yurianto menjelaskan seluruh komplek perwira sudah dilakukan isolasi karantina. Pihak Secapa juga sudah melarang adanya orang keluar masuk secara bebas di area sekolah.

Baca Juga: 200 Siswa Secapa TNI AD di Bandung Positif COVID-19

“Kita larang adanya pergerakan orang baik masuk dalem komplek atau keluar komplek. Pengawasan dijaga ketat Kodam Siliwangi,” tegasnya.

Kasus di Jawa Barat membuat angka pertambahan kasus nasional melonjak drastis dalam 24 jam terakhir. Ada pertambahan kasus sebanyak 2.657 kasus baru dalam sehari, sekaligus membuat rekor baru penambahan kasus terbanyak dalam sehari.

(jpc)