Ucapan Belasungkawa dan Doa Para Tokoh dan Artis untuk Syekh Ali Jaber

oleh -
Ucapan Belasungkawa dan Doa Para Tokoh dan Artis untuk Syekh Ali Jaber
Syekh Ali Jaber. Foto: source YouTube

RADARBANDUNG.id – ULAMA besar Indonesia, Ali Saleh Mohammed Ali Jaber atau yang lebih dikenal Syekh Ali Jaber wafat hari ini, Kamis (14/1) pukul 08.30 WIB di Rumah Sakit Yarsi, Cempaka Putih, Jakarta.

  • Susilo Bambang Yudhoyono

Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan duka yang mendalam atas meninggalnya Syekh Ali Jaber.

“Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Dengan rasa duka yang mendalam, saya mendoakan kiranya Allah Swt menerima berpulangnya hambaNya yang soleh ~ Syekh Ali Jaber. Semoga sang Khalik juga menerima segala amal ibadah almarhum dan husnul khatimah,” tulis SBY di akun media sosial Facebook.

SBY mengaku mengenal almarhum sebagai ulama yang teduh. “Syiar dan fatwanya mencerdaskan umat,” kata SBY.

SBY mengatakan tutur kata Syekh Ali Jaber jauh dari kebencian (hatred) dan juga bukan permusuhan (hostility).

“Mendengarkan ceramahnya, hati saya tenteram dan bersyukur karena itulah ajaran Islam yang sejati,” ujar SBY.

Menurut SBY, Syekh Ali Jaber menyempatkan waktu untuk menjenguk dan mendoakan istri tercinta Ani Yudhoyono ketika sedang dirawat di Singapura.

“Saat itu, saya dengarkan tausiah yang sejuk agar saya tetap kuat, tabah dan sabar dalam menerima cobaan dan ujian Allah Swt. Selamat jalan sahabatku,” tulis SBY.

  • Mahfud MD

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut Indonesia kehilangan tokoh penyejuk.

“Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Kita kehilangan tokoh penyejuk dan pemersatu umat. Ulama besar Syekh Ali Jaber wafat hari ini,” kata Mahfud melalui Twitter akun @mohmahdudmd, Kamis ini.

Mahfud lantas menceritakan kedekatan dirinya dengan Syekh Ali Jaber. Dalam beberapa kesempatan, mendiang pernah menyebut Mahfud sebagai guru dan ayah.

“Beliau menjadi penyambung aspirasi antara umat dan Pemerintah. Beliau adalah sahabat baik saya, karena rendah hati beliau memanggil saya guru atau ayah,” kata Mahfud MD.

Ucapan belasungkawa sejumlah artis

Sementara itu, sejumlah selebritas tanah air juga turut mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Syekh Ali Jaber.

Mereka memberikan ucapan duka cita untuk ulama kondang tersebut, via akun media sosial masing-masing.

Deddy Corbuzier-Raffi Ahmad

“Inalillahi wa innailaihi roji’un @syekh.alijaber. Three is no hurting, no suffering, and no pain in heaven. Will be miss you,” tulis Deddy Corbuzier, dalam keterangan unggahan foto dirinya tengah shalat bersama Syekh Ali Jaber.

Ucapan belasungkawa juga datang dari pasangan selebritas Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang mengunggahnya melalui akun Instagram resminya @raffinagita1717.

“Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya,” tulis keterangan unggahan tersebut yang disertai emoji sedih.

Rian D’Masiv

Termasuk juga vokalis band D’Masiv Rian Ekky Pradipta memanjatkan doa untuk almarhum Syekh Ali Jaber.

“Al Fatihah,” tulis Rian dalam akunnya di Instagram. Dan Andre Taulany yang juga turut mengucapkan belasungkawa untuk ulama karismatik itu.

“Innalillahi wa innailaihi rojiun insyaallah husnul khotimah @syekh.alijaber ulama panutan yang berdakwah dengan kasih sayang dan kelembutan,” tulis Andre.

Teuku Wisnu

Aktor Teuku Wisnu pun ikut berduka cita atas meninggalnya pendakwah Syekh Ali Jaber.

“Duka cita yang mendalam untuk umat muslim, telah wafat dan kembali pada Allah Ta’ala, guru kita tercinta, Syekh Ali Shaleh Mohammed Ali Jaber, pagi ini pukul 08.30 WIB di RS Yasri dalam keadaan negatif covid,” ungkap Teuku Wisnu di akun Instagramnya, Kamis (14/1).

Suami Shireen Sungkar itu menganggap Syekh Ali Jaber sebagai guru. Meski sangat sedih, Teuku Wisnu mengaku ikhlas dengan kepergian almarhum.

“Ya Rabb, kami cinta dengan guru kami. Namun Engkau lebih sayang padanya. Insya Allah kami semua ikhlas atas kepergiaannya yang sementara,” ujar pemain sinetron Cinta Fitri itu.

Baca Juga: Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia, Yusuf Mansur Ajak Masyarakat Salat Gaib

Teuku Wisnu kemudian mendoakan mendiang Syekh Ali Jaber. Ia berharap bisa bertemu dengan mendiang di surga sang pencipta.

“Semoga nanti, di surga-Mu kelak, bisa berkumpul kembali. Amin Yaa Rabb,” tutup Teuku Wisnu.

Syekh Ali Jaber ulama dan pendakwah kelahiran Madinah,3 Februari 1976. Ulama karismatik ini mulai berdakwah di Indonesia tahun 2008.

Ia kemudian resmi menjadi WNI tahun 2012. Syekh Ali Jaber dikaruniai seorang anak dari pernikahannya dengan Umi Nadia, yang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Selain berdakwah, Syekh Ali Jaber juga pernah terlibat dalam produksi film berjudul “Surga Menanti” pada tahun 2016.

(jpnn/ant/rb)